Semua Serba Ada
Image default
Kuliner Unik & Aneh

Makanan Unik di Hong Kong, Berani Coba?

Hong Kong merupakan salah satu wilayah negeri Cina yang sangat unik. Berbeda dengan Cina Daratan, Hong Kong mempunyai budaya yang memadukan antara kehidupan masyarakat timur dengan barat. Terlebih mereka cukup lama hidup dalam bayang-bayang pemerintah Inggris.

Terlepas dari keunikan secara budaya tersebut, Hong Kong juga menyimpan keunikan lainnya. Sayangnya, makanan unik dan aneh yang ada di Hong Kong kerap memperoleh aksi protes dari masyarakat dunia. Aksi protes ini terutama dari mereka yang merupakan komunitas pecinta binatang seperti WWF dan sebagainya. Terlebih bahan-bahan makanan unik serta aneh ini diambil dari hewan-hewan yang terancam punah. Jadi tidak mengherankan kalau banyak kampanye negatif yang menuntut pembatasan makanan-makanan tersebut.

Keunikan yang saya maksud di sini adalah variasi makanannya. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai makanan unik yang bahkan di negara lain tidak akan bisa ditemukan. Penasaran bukan dengan jenis-jenis makanan tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Sup Ular

sup ular hong kong ahabet
sup ular hong kongunik

Makanan aneh dan unik pertama yang ada di Hong Kong adalah sup ular. Denger namanya saja sudah cukup merinding. Ngeliat ular aja agak gimana, lha ini malah ular dijadikan sup. Tapi jangan salah ya, di Hong Kong sup ular menjadi salah satu makanan favorit, terlebih pada saat musim dingin. Sup ular dipercaya bisa memberikan efek kehangatan pada tubuh.

Biasanya, ular-ular yang dijadikan sup diambil dalam kondis beku dari daratan Cina. Namun ada pula beberapa restoran yang menawarkan sup ular secara fresh. Jadi, mereka menyediakan ular-ular dalam kondisi hidup. Para konsumennya pun bisa memilih jenis sup ular yang ingin disantapnya, dari ular piton ataupun ular kobra. Biasanya, semakin langka ular, maka semakin tinggi juga harga sup ularnya.

Sup ular ini kabarnya merupakan salah satu resep yang sudah cukup lama dikembangkan sejak zaman Cina kuno. Jadi, sup ular bukanlah asli resep yang berkembang di Hong Kong, melainkan berasal dari Cina. Kabarnya, sup ular ini sangat populer di akhir pemerintahan Dinasti Qing. Pada waktu itu dikabarkan bahwa seorang yang memakan sup ular dipastikan mempunyai derajat yang tinggi di masyarakat. Hal ini karena sup ular membutuhkan bahan-bahan yang bervariasi dan persiapan yang njelimet.

1000- Year Old Eggs atau century eggs

1000- Year Old Eggs atau century eggs ahabet
1000- Year Old Eggs atau century eggs

Inilah makanan yang paling banyak diminati oleh masyarakat Hong Kong. Tak semua orang bisa menikmati 1000 year old eggs ini. Tak heran kalau ada yang berkesempatan untuk menikmati makanan ini, maka orang tersebut mempunyai rasa bangga tersendiri dibandingkan orang lain.

Untuk membuat makanan yang satu ini memang tidak main-main dan membutuhkan waktu yang lama. Tak heran kalau makanan ini disebut dengan nama 1000-year old eggs. Terlebih bentuknya sendiri memang didesain bulat mirip dengan telur. Untuk membuat makanan ini, dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan dan dibuat dari telur puyuh ataupun bebek. Selanjutnya telur tersebut ditutupi oleh tanah liat yang dicampur dengan pasir serta garam. Setelah berbulan-bulan, struktur di dalam telur akan berubah mirip dengan jelly.

Setelah melalui proses tersebut, bentuk telur tidak akan sama lagi seperti pada awalnya. Bagian kuning telur akan berubah warna menjadi hijau tua hingga abu-abu. Selain itu bagian putihnya akan berubah warna menjadi cokelat gelap dan transparan. Dan karena ditimbun dalam campuran yang mengandung garam, maka rasanya akna sedikit asin.

Turtle jelly

turtle-jelly-ahabet
Turtle Jelly

Para penggiat hewan yang tergabung dalam WWF tentu saja memprotes keras adanya makanan yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Turtle Jelly memang dibuat dengan bahan utama seekor kura-kura. Meski begitu, masyarakat Hong Kong cukup menggemari makanan yang satu ini. Bahkan tak jarang Anda akan mendapati toko Turtle Jelly dengan tumpukan cangkang kura-kura di depannya.

Masyarakat Hong Kong percaya bahwa turtle jelly mempunyai khasiat yang sangat bagus bagi tubuh. Bahkan dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, makanan unik yang satu ini diklaim bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk membuat turtle jelly, biasanya seekor kura-kura dimasak secara utuh dan dicampur dengan berbagai jenis tanaman obat.

Tingkat konsumsi turtle jelly di Hong Kong bahkan sangat tinggi. Setiap harinya, sebuah restoran turtle jelly bisa menghabiskan paling tidak 300 kilogram cangkang kura-kura yang dibuat untuk menghasilkan kurang lebih 20 ribu mangkok turtle jelly. Dengan tingkat konsumsi setinggi itu, tidak heran kalau banyak yang melakukan aksi protes karena dianggap bisa mengganggu kelestarian hidup kura-kura.

Sea Slug atau Siput Laut

sea slug hong kong ahabet
sea slug hong kong

Di Indonesia mungkin ada yang namanya sate siput. Namun sepertinya untuk siput laut, saya kurang begitu tahu ya, mungkin saja ada mungkin tidak. Tapi di Hong Kong, siput laut juga dijadikan sebagai bahan makanan. Bahkan menjadi makanan yang cukup diminati oleh warga setempat. Katanya sih rasa siput laut tidak sama seperti ayam. Terlebih daging siput laut mempunyai tekstur sangat licin.

Selain itu, bagi yang belum pernah mencoba masakan ini, biasanya disarankan untuk yang sudah digoreng. Dengan cara digoreng, maka tekstur licinnya akan sedikit menghilang. Selain itu, biasanya masakan jenis ini dipadukan dengan nasi serta saus.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas? Kalau saya sih, sepertinya lewat aja deh. Nggak tertarik, masih ingin mencoba makanan yang biasa dan normal, hehehehe…

Related posts

Hewan Unik dan Aneh Hiu Goblin

direktur

Tahun baru imlek mau makin Hoki? Coba 4 makanan pembawa keberuntungan ini

direktur

Cicipi Masakan dan Menu Kuliner Khas China.

direktur

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy